PENYEBAR VIRUS KOMPUTER


Virus dapat menyebar melalui file-file dengan ekstensi tertentu, tidak semua file dapat digunakan sebagai media penyebaran virus. Biasanya virus lebih banyak menyerang file-file pada komputer ber-OS windows, walaupun ada saja virus yang menyerang OS Linux. Berikut adalah beberapa ektensi file-file yang mudah menjadi media penyebaran virus:

1. Binary Executable Files
Merupakan sebuah file yang dapat dieksekusi langsung oleh windows dan dianggap progam tau aplikasi. Tipe-tipe yang tergolong dalam Binary Executble Files adalah sebagai berikut:
EXE(Executable)
SCR(Screensaver)
COM(Command File)
SYS(System File)
DLL(Dynamic Link Library)
2. File Dokumen
File dokumen sering menjadi menjadi sasaran empuk virus komputer karena file jenis ini memuat berbagai macam data-data penting ataupun hasil pekerjaan. Tipe-tipe yang tergolong dalam File Dokumen antr lain adalah sebagai berikut:
DOC
XLS
MDB
PDF
3. File Script
File script merupakan file yng berisikan kode-kode program dan bisa diterjemahkan oleh komputer secara langsung untuk mengontrol aplikasi yang berjalan pada windows. Berikut adalah beberapa file jenis script:
BAT(Batch file)
VBS(VBscript)
4. File Web
File web merupakan suatu file yang hanya dapat digunakan pada aplikasi browser internet. File-file tersebut antara lain adalah:
HTML
Java
5. File Dasar Windows
Windows memiliki beberapa tipe file yang biasanya digunakan sebagai media penyebaran virus , file-file tersebut antara lain:
INF

No comments:

Powered by Blogger.