Cara Meningkatkan Kemauan Membaca

        Membaca sangat penting bagi kita manusia,kalau tidak mebiasakan kebiasaan membaca, ketidaktahuan akan selalu di samping kita,untuk menghindari itu marilah tingkat kebiasaan membaca.Membaca sangat banyak manfaatnya, selain menambah wawasan dan sebagainya, ternyata membaca memiliki manfaat yang penting bagi tubuh, yakni jika seseorang rajin dalam membaca, maka dapat terhindar dari suatu kerusakan pada jaringan otak ketika datang masa tua, selain itu juga untuk orang yang sering membaca akan meningkatkan pertumbuhan saraf baru didalam otak. Hal ini telah diungkapkan oleh pakar ahli masalah otak. Untuk hal yang umum, manfaat jika membaca buku secara terus menerus akan menambah wawasan, kosakata dan pengetahuan. Sehingga mudah memahami makna didalam kata-kata yang ada. Bagi yang menyukai hal-hal baru, dengan membaca juga dapat membangun suatu karya inovasi yang menjadikan keterampilan sebagai kreativitas yang menguntungkan bagi diri sendiri dan dunia.
      Memulai kebiasaan membaca memang agak terasa sulit jika itu untuk yang pertama kalinya,
jadi,pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tips atau cara meningkatkan kemauan membaca. ........
1. Bangunlah Motivasi Minat Membaca
Meningkatkan minat baca harus dimulai dengan motivasi diri dalam membaca.

2. Mulailah Membaca Sesuatu yang Kita Disukai.
Salah satu kesalahan terbesar dari seseorang yang ingin mulai membiasakan diri untuk membaca adalah image buku dan bacaan yang sebenarnya ia buat sendiri: berat dan membosankan. Padahal banyak sekali jenis buku dengan karakteristik yang beragam. Saya dulu memulainya dengan membaca cerita fiksi seperti cerpen dan novel, berlanjut ke buku-buku praktis (yang pake kata kunci: cara, langkah, tips, kiat, dll), lalu berlanjut lagi ke buku motivasi dan pengembangan diri, hingga sekarang saya sudah mulai baca buku-buku politik dan sejarah. Satu hal yang pasti,sesuaikanlah dengan minat anda. Agar niat untuk membaca tidak hanya berasal dari pikiran, tetapi juga dari hati.

3. Menyisihkan waktu yang tepat dan nyaman untuk Membaca.
Bila anggapan penting membaca itu sudah melekat, maka tidak semuanya yang baca berhasil memindahkan semua informasi yang didapat dari bacaannya itu pada memori otaknya, disebabkan momentum waktunya yang kurang tepat.  Atau seringkali malas baca disebabkan waktunya kurang tepat. Beragam orang yang punya momentum baca yang tepat: ada yang suka membaca saat jam pelajaran kosong saat sekolah, atau lagi istirahat di sekolah, ada juga yang nyaman membacanya membaca saat perjalanan, beberapa saat sebelum tidur, dan saat di perpustakaan. Pakailah waktu-waktu yang biasa kita habiskan untuk bingong dan menunggu dengan membaca!

4. Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu
Minat baca harus dipicu dari diri kita untuk menumbuhkan rasa ingin tahu. Kita harus membuat pertanyaan setiap hal yang ada di sekitar kita dan carilah jawabannya di buku. Atau bisa juga melihat-lihat buku di toko atau perpustakaan dan cobalah pertanyakan, “Apasih isi buku ini?” Biasanya rasa ingin tahu dan penasaran sangat efektif untuk menggerakkan diri ini untuk melakukan sesuatu.

5. Minta Seseorang Merekomendasikan Buku
Ini juga salah satu cari yang efektif untuk lebih ‘memaksa’ diri ini untuk segera mulai membaca. Karena buku yang direkomendasikan biasanya punya nilai lebih yang akan membuat kita lebih semangat membacanya. Tanyakanlah pada teman, “Eh, punya buku bagus gak? pinjem boleh?”

6. Membacalah Seperlunya Saja
Selagi masih belajar membacalah seperlunya saja. Tak usah berlebihan. Keperluan orang itu tergantung dari hasratnya masing-masing untuk memperoleh informasi. Makin perlu anda terhadap informasi, maka sudah pasti kuantitas dan kualitas membaca anda pun pasti akan makin banyak dan baik.

Sekianlah tips2 dari saya,semoga Bermanfaat

       

No comments:

Powered by Blogger.